jenis warna emas

Yuk Kenali Berbagai Jenis Emas yang Ada di Pasaran Saat ini

Emas sudah menjadi salah satu komoditas investasi yang menguntungkan. Bukan tanpa sebab, instrument investasi yang satu ini memiliki history yang Panjang dan rata-rata selalu mengalami peningkatan harga nilai jualnya.

Ada perbedaan mendasar antara emas asli dan juga emas murni. DI mana emas murni tidak dicampur bahan lainnya, sehingga akan lebih mudah tergores atau meninggalkan bekas. Sedangkan, emas asli dibuat menggunakan campuran bahan lain agar lebih padat.

Nah, bagi kamu yang masih awam dan ingin berinvestasi emas, sebaiknya mengetahui berbagai jenis emas agar tidak salah dalam memilihnya.

1. Emas Warna Cokelat

Untuk bisa menghasilkan warna cokelat, proses pembuatan emas murni harus dicampur dengan palladium dan juga perak murni. Tak sedikit orang yang membelinya karena memiliki warna yang cocok dengan jenis kulit.

2. Emas Berwarna Hijau

Untuk mendapatkan emas berwarna hijau, biasanya akan dibuat dengan mencampurkan emas murni 24 karat dengan tembaga, cadmium, dan juga perak murni. Biasanya, warna emas ini banyak digunakan sebagai perhiasan ataupun aksesoris kecantikan lainnya.

3. Emas Berwarna Kuning

Biasanya, jenis emas yang satu ini banyak mendapat campuran dari bahan perak, seng, dan juga tembaga. Namun, ada juga emas kuning yang dibuat dengan 100% bahan emas murni dan tentu harganya juga akan relative lebih mahal.

4. Emas Berwarna Putih

Warna putih yang dihasilkan merupakan perpaduan warna emas kuning yang digabungkan dengan nikel, perak, dan juga seng sehingga menciptakan warna baru, yaitu emas putih yang lebih kuat.

5. Emas Warna Merah Muda (Rose Gold)

Mungkin warna ini terdengar kurang familiar bukan? Memang benar, jenis warna ini belum lama begitu populer karena bahannya terbuat dari emas murni yang dicampur dengan tembaga, sehingga menghasilkan warna kemerahan seperti bunga mawar.

Warna merah yang dihasilkan sebanding dengan banyaknya kandungan tembaga, semakin banyak warnanya juga akan semakin merah merona. Untuk harga, ya jenis emas rose gold cenderung lebih mahal dibandingkan dengan warna lainnya.

6. Emas Berwarna Ungu

Campuran aluminium dan emas murni dapat menghasilkan emas dengan warna ungu yang dapat melambangkan kemegahan dan kemewahan. Yang tentunya, dapat menunjang penampilan bila digunakan sebagai perhiasan.

7. Emas Warna Abu-Abu

Emas dengan warna ini terbuat dari campuran besi, tembaga, dan juga emas murni. Untuk membedakannya dengan emas warna putih, biasanya emas abu-abu akan terlihat kurang terang bila terkena cahaya.

8. Emas Berwarna Biru

Campuran besi murni dan emas murni dapat membuat warna biru yang elegan. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau bila dibandingkan jenis emas lainnya. Bila Anda ingin membeli emas, sebaiknya selalu cek harga emas perhari ini untuk mengetahui informasi yang akurat.

spacer

Leave a reply

six + 5 =