Tips dan trik memilih asuransi kesehatan terbaik

Tips dan trik memilih asuransi kesehatan terbaik

Asuransi kesehatan adalah sebuah produk asuransi yang secara spesifik atau khusus menangani tentang kesehatan dan segala resiko yang terkait dengan hal tersebut. Misalkan anda sakit karena kecelakaan atau lainnya. Namun untuk mendapatkan asuransi tentu tidak gratis jika tidak ada bantuan dari pemerintah atau dari lembaga tempat anda bekerja maka dari itu anda harus membayar premi. Besar premi sangat bervariasi tergantung tingkat resiko yang ditanggung dan biaya administratif lainnya. Berdasarkan jenis perawatannya asuransi kesehatan dibagi menjadi dua jenis yaitu rawat inap dan rawat jalan, sedagkan berdasarkan pihak penelola dananya dibagi menjadi dua jenis yaitu pihak suwst dan pemeritah. Beberapa desas desus di masyarakat mengatakan bahwa asuransi pemerintah kurang memuaskan, mungkin ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih asuransi. Jika anda tertarik untuk mengasuransikan kesehatan anda dan keluarga anda maka pilihlah asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kemampuan anda. Berikut dipaparkan beberapa tips untuk memilih asuransi yan baik:

Tips dan trik memilih asuransi kesehatan terbaik

1. Pembayaran Non tunai (Cashless)
Penyedia asuransi kesehatan terbaik yaitu yang pembayaran untuk menyelesaikan tagihan dilakukan dengan menggesek kartu asuransi dan langsung dapat teratasi smuanya dengan syarat rumah sakit sudah bekerjasama dengan pihak penyedia asuransi. Sehingga tidak perlu bayar dimuka scara keseluruhan oleh pasien yang kemudian baru melakukan pengeklaiman, dan tentu saja anda terpaksa harus bayar dimuka terlebih dahulu (reimbursement) setelah itu baru ditukar oleh penyediaa asurnsi.

2. Plafond dan premi sesuai kebutuhan
Tinggi Plafond mempengaruhi harga remi yang harus dibayarkan. Semakin mahal harga kamar rumah sakit semakin mahal harga premi yang harus di bayar. Sehingga terkadang nada harus menutupi kekurangan yang tidak dijamin oleh asuransi. Oleh karena itu dalam memilih asuransi kesehatan terbaik sesuaikanlah dengan kemampuan anda, siap trade off ntara premi dan lafound. Jangan sampai nanti memberatkan dan menjadi beban.

3. Tanpa limit per perawatan
Biasanya terdapat batasan jumlah maksimal klaim biaya kesehatan. Dalam asuransi terdapat dua jeni limit, yaitu limit gabungan semua perawatan kedua adalah limit per perawatan. Dalam memilih asuransi kesehatan terbaik maka pilihlah yang pertama dengan tanpa membatasi biasa per perawatan. Sehingga pemegang polis fleksibel dalam berobat selama limit total masih tersedia.

4. Asuransi Rawat Inap
Pilihlah asuransi yang menanggung biaya rawat inap, karena biaya iilah yang paling besar , dan jika uang anda lebih baru anda bisa mengambil yang rawat jalan.

5. Masa Tunggu Penyakit
Dalam memilih asuransi kesehatan terbaik pertimbangkanlah dan tanakan kelada ihak asuransi penyakit apa saja yang memerlukan masa tunggu selama masa berlaku asuransi. Seperti TBC, Btu ginjal, kencing manis, atau lainnya. Tanakan waktunya, sehingga tidak memberatkan anda dan anda sudah siap untuk berjaga-jaga.

6. Hindari pembayaran auto debit kartu kredit dan hindari mengambil asuransi kesehatan melalui telepon
Jika asuransi tidak menyediakan alternatif pembayaran lain selain dengan hal itu, maka pastikan anda tau cara melakukan pembayaran dengan baik, agar tidak salah dalam bertransaksi. Hindari juga penawaran asuransi dengan telepon karen dengan singkatnya waktu anda tentu tidak bisa mempetimbangkan dengan baik tentang asuransi tersebut, bisa jadi bukan asuransi kesehatan terbaik.

Yang terakhir adalah selalu pilih asransi yang berdiri sendiri bukan cabangnya atau link nya, tentu premi yang anda bayarkan akan lebih mahal karena dibagi menjadi dua.

Semoga hal-hal diatas dapat menjadi pertimbangan yang baik dalam memilih asuransi kesehatan terbaik bagi anda dan keluarga.

spacer

Leave a reply