pilih investasi emas atau saham

Investasi Emas Atau Saham? Mana Yang Lebih Aman? Ini Dia Perbedaannya!

Saham dan emas merupakan jenis investasi selain uang yang banyak digemari oleh masyarakat saat ini. Terutama generasi milenial yang menjadikan keduanya sebagai objek investasi favorit.

Bagi yang tidak terlalu menyukai investasi dengan resiko tinggi, biasanya investasi emas adalah pilihan alternatif. Tak jarang juga yang memilih saham karena dinilai dapat memberi hasil terbaik dalam jangka panjang.

Manakah yang lebih aman dan menghasilkan keuntungan? Bagi Anda yang ingin berinvestasi, namun masih bingung dalam menentukan antara emas atau saham, sebaiknya simak dahulu penjelasan selengkapnya berikut ini.

Investasi Saham

  1. Keuntungan

Saat melakukan investasi saham, Anda akan menghasilkan keuntungan dari arus kas yang diperoleh dari perusahaan. Sehingga dapat dikatakan, investasi ini termasuk bisnis yang aktif. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari modal yang dikeluarkan, apalagi ketika harga saham menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Investasi saham bisa dimulai dari modal yang sangat kecil. Inilah yang menjadi salah satu keuntungannya. Tak perlu menyediakan modal besar, Anda sudah bisa berinvestasi mulai dari harga per lembar Rp2.000,- tergantung dari kredibilitas perusahaan terkait.

  1. Kekurangan

Dibalik keuntungan yang telah disebutkan, rupanya investasi saham juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah resiko tidak mendapatkan dividen bulanan yang merupakan hak Anda sebagai pemegang saham.

Jika perusahaan terlibat kasus hukum, mau tidak mau Anda juga harus siap mengikuti prosedur hukum yang berlaku. Secara tidak langsung Anda ikut terlibat dalam kasus tersebut.

Investasi Emas

  1. Keuntungan

Bagi Anda yang masih ragu untuk berinvestasi dikarenakan adanya potensi risiko tinggi dari investasi saham, sepertinya Anda perlu mempertimbangkan  investasi emas. Keuntungan yang didapat dari investasi ini sangat beragam, diantaranya, emas merupakan objek yang tak lekang oleh waktu.

Selain itu, nilai emas lebih stabil dan biasanya selalu naik dari waktu ke waktu. Dilihat dari keamanan, emas lebih aman karena minim resiko dan mendapat banyak keuntungan. Anda tidak harus membeli perhiasan mahal untuk berinvestasi. Cukup bermodalkan Rp10.000,- saja, Anda sudah bisa menabung emas.

  1. Kekurangan

Setelah mengetahui apa saja kelebihan investasi emas, berikut ini adalah kekurangannya. Pertama, adanya risiko kehilangan dikarenakan emas adalah barang yang bisa hilang akibat pencurian. Untuk menghindarinya, Anda bisa menitipkan tabungan emas kepada pihak penyedia jasa investasi supaya keamanannya lebih terjamin.

Kedua, kenaikan harganya cenderung lebih lambat. Sehingga emas lebih cocok digolongkan sebagai investasi dalam jangka panjang. Untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan tentunya tidak dalam waktu yang sebentar.

Ketiga, harga emas sewaktu-waktu bisa mengalami penurunan tergantung dari kondisi ekonomi suatu negara dan masyarakat. Terakhir, harga beli dan jual emas berbeda. Jika Anda membeli emas kemudian menjualnya, biasanya akan terkena potongan beberapa persen. Untuk itu, Anda perlu memantau terus perkembangan harga emas setiap saat agar tidak merugi ketika akan membeli atau menjual emas.

Itu dia rincian mengenai perbandingan investasi emas dan saham. Bagi Anda yang akan melakukan investasi, ada baiknya mempertimbangkannya sebelum adanya kerugian. Baik itu emas maupun saham, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua tergantung dari kebutuhan yang ingin Anda capai di masa mendatang.

spacer

Leave a reply

thirteen − 1 =