4 Dari 5 Faktor Yang Mempengaruhi Naik Turun Harga Emas

Di Indonesia saat ini, investasi emas menjadi salah satu investasi yang paling populer. Berinvestasi dengan emas merupakan cara untuk mendapatkan keuntungan selain tabungan. Jika hanya mengandalkan tabungan, terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok, maka tidak akan cukup. Meski demikian, kemungkinan harga emas akan mengalami naik turun patut diantisipasi. Bila tidak mengamati situasi, maka Anda akan mengalami kerugian. Jadi, apa saja faktor yang bisa mengakibatkan harga emas naik turun?

  • Nilai tukar dollar US
    Jika dollar sedang melemah, maka harga emas akan naik. Namun bila dollar Amerika sedang menguat, maka harga emas akan turun. Cara untuk menyiasati keadaan seperti ini adalah rajin-rajinlah untuk mengikuti berita perkembangan ekonomi dunia. Jika ada pertanda resesi global, simpanlah barang sebatang-dua batang emas di brankas berkombinasi untuk berjaga-jaga.
  • Jumlah produksi emas didunia
    Semakin susah emas untuk ditambang, maka akan terjadi kelangkaan stok emas dan harga emas akan meningkat. Apalagi jika permintaan emas semakin meningkat, tentu penggali harus menggalinya lebih dalam lagi. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi situasi seperti ini, Anda bisa berinvestasi dengan menggunakan perak, mata uang dinar, atau investasi properti. Berinvestasi dengan properti juga bisa menjadi peluang dikarenakan nilai properti selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.
  • Kenaikan permintaan emas dari indutri perhiasan dunia
    Faktor ketiga ini masih berhubungan dnegan faktor pada nomor sebelumnya. Misalnya hampir 50 persen permintaan tertinggi datang dari industri perhiasan dunia yang berada di India, Tionkok. Sementara 12 persen lainnya berasal dari industri peralatan medis dan elektronik. Maka tidak heran permintaan emas akan mengalami peningkatan. Cara yang bisa Anda lakukan dalam keadaan seperti ini adalah Anda jangan membeli emas dalam bentuk perhiasan. Karena suatu hari nanti jika Anda menjualnya, maka emas akan kembali dilebur dan membuat harga emas akan turun.
  • Beberapa bank central memonopoli pembelian emas
    Beberapa bank central yang berada didunia, seperti: The Federal Reserve System (di Amerika Serikat), Bundesbank (di Jerman), dan European Central Bank (ECB) telah melakukannya. Mereka melakukan monopoli pembelian emas. Maka, jangan heran bila harga emas semakin naik dan emas semakin langka. Karena sudah lama ‘colong start’, cadangan emas yang mereka miliki juga lebih banyak. Untuk menghadapi situasi seperti ini, Anda cukup melakukan tiga cara yang telah dipaparkan pada faktor-faktor sebelumnya.
spacer

Leave a reply